03 February 2009

NICKY ASTRIA

Nicky Astria terlahir dengan nama Nicky Nastitie Karya Dewi. Album pertamanya, Semua Dari Cinta, dirilis tahun 1984 pada saat usianya masih 17 tahun di bawah arahan musik Jelly Tobing. Sayang album pertama ini belum mampu mendongkrak popularitas Nicky Astria. Tapi dari album inilah awal perkenalan Nicky dengan musisi-musisi hebat Indonesia pada masa itu seperti Ian Antono, Jelly Tobing dan Dodo Zakaria.



Pada tahun 1985 mojang priangan ini kembali masuk dapur rekaman untuk merilis album Jarum Neraka dengan penata musik Ian Antono dibawah naungan Billboard Record (kalau tidak salah Nicky Astria adalah penyanyi Indonesia pertama yang dikontrak oleh Billboard).

Lewat album inilah nama Nicky Astria mulai dikenal publik sebagai lady rocker. Pada masa itu selain Nicky Astria ada tiga lady rocker lain yang lebih dulu dikenal yaitu Euis Darliah, Renny Jayusman dan Sylvia Sartje. Namun ketiganya pada saat itu bisa dibilang vakum (Euis Darliah setahu saya sudah hijrah ke luar negeri). Faktor inilah yang ikut mendongkrak popularitas Nicky Astria selain tentu saja karena karakter vokalnya yang kuat dan wajahnya yang cantik. Hmmm....

6 comments:

  1. Well...Nicky Astria is big-legend & famous Indonesian's lady rocker. Dia muncul ketika di era 1980-an dunia musik baik manca maupun Indonesia tengah kebanjiran lady rocker. Kalau di negeri seberang, ada Madonna, Lita Ford, Sheena Easton, Irene Cara, Cyndy Lauper, maka di Indonesia ada Reny Jayusman, Silvia Sartje, Euis Darliah, dan tentu saja Nicky Astria. Gejala semacam ini memang sudah biasa bagi dunia musik khususnya Indonesia yang selalu mengikuti tren pasar musik luar. Sama dengan sekarang ketika di Amrik ada Britney Spears maka di Indonesia ada Agnes Monica. Namun sebenarnya kita patut bangga pada musik 80-an khususnya di jalur rock. Karena zaman dulu meski banyak penyanyi/ band epigon (peniru), toh penyanyi yang menjulang di Indonesia dengan penyanyi menjulang di dunia memang punya karakter 90% beda. Berarti pemunculan Nicky Astria yang fenomenal kala itu memang beda jauh dengan Madonna. Coba bandingkan karakter vokal Nicky yang lebih punya power daripada vokal Madonna yang lebih suka menjual sensualitas lewat penampilannya (mungkin kalau sekarang Madonna bisa disejajarkan dengan Dewi Persik). Karakter vokal Nicky mungkin hanya bisa disejajarkan dengan Lita Ford misalnya. Namun saat itu nama Lita Ford yang tengah duet bareng si bengal dari Black Sabbath, Ozzy Osborne lewat lagu "Close My Eyes Forever", ternyata kariernya kurang mencorong. Sedangkan Nicky terus melaju hingga tak terkalahkan lady rocker generasi berikutnya. Coba bandingkan dengan sekarang, dimana Agnes Monica yang meniru penampilan Britney Spears. Berarti penyanyi zaman dulu lebih kreatif daripada penyanyi masa kini. Sayang, karier Nicky walau belum terkalahkan lady rocker cewek lainnya, kini justru tenggelam. Pecinta musik rock Indonesia mesti berharap Mbak Nicky bisa tampil lagi bareng Om Ian Antono dalam sebuah album baru, bukan lagi asyik jadi cewek jagoan dalam sinetron action reliji: Emakku Memang Jagoan, setuju?

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya ada beberapa nama yang bisa disebut lady rocker masa itu, seperti Ita Purnamasari, Atiek CB, Mel Shandy atau Yossie Lucky. Dari sekian banyak memang Nicky yang paling menonjol.
    Publik penggemar rock masa itu sebenarnya cukup berharap pada Mel Shandy karena karakter vokalnya yang lebih ngerock. Sayang Mel memilih mundur dari karir musik dimana (menurut saya) akan lebih membesarkan namanya.

    ReplyDelete
  3. Mel Shandy itu rockerwati yang alim banget mas, dia juga jago baca kitab Suci Al Quran dan beberapa kali jadi juara. Sama dengan vokalsnya The Groove, Rieka Roeslan. Mungkin dia mundur dari dunia rock lantaran melihat iklim musik rock nggak sesuai dengan imannya, syukur kalau dia bisa menghindar hal-hal negatif.

    ReplyDelete
  4. Nicky astria ? buat saya lebih dari sekedar lady rocker terbaik indonesia sepanjang masa, tapi merupakan salah satu tonggak penting kebangkitan musik rock Indonesia. Sampai sekarang belum ada tuh yang sekaliber dia, dalam hal Kualitas vokal plus penjiwaan lagu, meski selepas dari Ian Antono Nicky jadi termehek-mehek di tangan youngky suwarno, yang memang asik untuk lagu kalem tapi tidak begitu asik untuk lagu berbeat... Bravo jadul man, baravo PURE ROCK indonesia

    ReplyDelete
  5. Nicky astria,anggUN,Nike Ardilla adlh LEGEND nya musisi cewek di musik rock INDONESIA

    ReplyDelete
  6. Foto jadulnya Nicky bisa dilihat di sini.

    ReplyDelete

Jangan Lupa Kasih Komentarnya!!!