24 March 2009

GRASS ROCK

Waduh... dah lama juga ya gak bikin postingan. Maklum bulan ini lumayan banyak kesibukan (tapi bukan sibuk kampanye lho!!). Saya juga mau minta maaf kalo belum bisa memenuhi request-request anda (requestnya susah-susah sih) sekaligus mau berterima kasih kepada anda yang rajin kasih komentar dan koreksi tentang review-review saya (terutama Mas Nugroho, jangan bosan ya, Mas!!). Saya juga mau berterima kasih pada orang-orang yang dengan ikhlasnya saya colong file-filenya untuk ditampilkan di blog ini (hehehe... itung-itung amal lah, boss!!). Kayaknya postingan kali ini asyiknya mereview Grass Rock aja ya!!



















Walaupun baru mengeluarkan album perdananya pada tahun 1990 Grass Rock, band asal Surabaya, dibentuk tahun 1984 dengan formasi awal Rere (drum), Yudhi (bas), Harto (gitar), Mando (keyboard) dan Hari (vokal). Pada awal terbentuknya grup ini sering membawakan lagu-lagunya Yes. Grup yang matang dari panggung festival mengikuti "Djarum Super Rock Festival" yang diselenggarakan oleh Log Zhelebor tahun 1985 dan mendapat juara 3 (saat itu Harto sudah digantikan oleh Eddie Kemput). Rere sang drummer dinobatkan sebagai penggebuk drum terbaik pada ajang itu. Namun juara ke 3 belum mampu mendongkrak nama Grass Rock.

Tahun 1986 mereka kembali mengikuti ajang festival yang sama dan mendapatkan gelar juara 1 dengan vokalis Dayan dan Zulkarnain. Pada tahun inilah mereka mulai dikenal luas, apalagi mereka diberi kesempatan sebagai band pembuka God Bless yang melakukan tur di 10 kota.

Setelah malang melintang di panggung-panggung festival, dapur rekaman mereka rasakan tahun 1990 dengan mengeluarkan album Anak Rembulan, sebuah album yang kental dengan progressive ala Yes. Sepanjang karirnya Grass Rock telah merilis 4 buah album dan sepeninggalan Dayan yang meninggal tahun 1999 Grass Rock nyaris tidak terdengar lagi kiprahnya walaupun belum secara resmi membubarkan diri. Walau begitu para personilnya masih aktif membantu proyek-proyek musisi lain terutama Eddie Kemphut dan Rere.

Lagu-lagu terbaik Grass Rock
  1. Anak Rembulan (Peterson)
  2. Bulan Sabit
  3. Gadis Tersesat
  4. Bersamamu
  5. Nyanyian Laguku
  6. Lagu Harapan
  7. Rakyat Hutan
  8. Sendiri
  9. Lagu Nurani
  10. Kemenangan
  11. Blues Untuk Sodomi

7 comments:

  1. Saya menyukai Grass Rock ketika pertama kali tampil di panggung Musik Rock Siang Bolong di kota Yogyakarta tahun 1985 tepatnya di Stadion Kridosono. Waktu itu para arek Sby ini masih dianggap anak bawang dalam aksi panggung rock. Namun meski anak bawang toh mereka kecil-kecil cabe rawit alias nggak kalah dengan aksi panggung band rock yang sudah ternama macam musisi rock Arthur Kaunang, Gideon Tangker, sampai lady rocker Atiek CB dan Nicky Astria yang saat itu turut tampil memeriahkan acara. Salah satu kehebatan Grass Rock waktu dengan duo vokals Dayan dan Zul tampak mirip Yes beneran. Padahal aslinya Yes vokalsnya satu yaitu Jon Anderson yang kadang dibantu Chris Square, atau Steve Howe. Saya masih ingat waktu itu mereka membawakan dua lagu Yes berjudul "Machine Messiah" yang bener-bener susah terutama di sektor arransementnya. Bayangkan lagu yang diambil dari kantong album Drama (1980) itu bener-bener mirip saat dibawakan Grass Rock. Saya jadi melihat aksi Jon Anderson cs Gadungan di Stadion Kridosono, walau aksi mereka bener-bener mirip dengan band tiruannya. Jangan-jangan lagu-lagu milik Yes yang direkam dalam kaset barat cover version yang keluar setelah penarikan kaset barang bajakan harga Rp 2000,- yang menyanyi adalah mereka....he he he he. Nah, lagu "Machine Messiah" itu sulitnya di arransementnya terutama perpindahan antara sound gitar akustik dan elektrik yang harus dimainkan Eddie Kemput. Sementara pengaturan porsi vokal Dayan dan Zul juga dibilang sulit, namun hasilnya justru mirip dengan aslinya. Gila, nih mereka latihan sampai berapa jam sehari ya khusus untuk satu lagu "Machine Messiah"? Sementara untuk lagu lainnya yaitu "Long Distance Run Around" yang terambil dari album Fragille (1971) juga mirip dengan aslinya. Sayang, popularitas mereka seolah bosan dengan band asal British tersebut. Mereka mulai kurang konsisten dengan julukan Yes van Indonesia. Mereka justru membawakan lagu-lagu rock milik Whitesnake, Jimmy Hendrix, Pink Floyd, dll. Bahkan saat melepas album pertama mereka di tahun 1990, warna Yes nya mulai luntur. Mungkin hanya lagu "Peterson-Anak Rembulan" yang mirip nuansa musiknya dengan "Our Song" nya Yes di album 90125 (1983). Yah...geliat industri yang seolah mendikte mereka untuk mengikuti trend musik yang ada saat itu : rock ala GNR, atau Metallica. Jadi bayang-bayang Yes telah memudar pada diri mereka. Sangat disayangkan.

    ReplyDelete
  2. lagunya gak lengkap nih....

    ReplyDelete
  3. Apakah anda penggemar yes ? Sama dengan saya kalau begitu

    ReplyDelete
  4. Grass rock adl band yg bs dikatakan sempurna membawakan warna yes yg terbilang rumit. Saya terkesima melihat penampilan mereka di tv surabaya. Lagu yes yg punya aransemen sulit bahkan waktunya lama berhasil di taklukkan band keluarga ini. Rere yg nama lengkapnya mohammad reza sempat sekelas dg saya di salah satu sma negeri di surabaya. Kebiasaan memukul meja kelas dr jati dg stik drumnya. Dia sebenarnya memiliki vokal yg lumayan. Kebiasaan nyanyi di saat jam istirahat dg iringam gitar yg dia mainkan sendiri.

    ReplyDelete
  5. gwe paling demen nyanyiin anak rembulan bareng temen2 waktu msh mangkal di deker ..

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Coba tanya ke Opick penyanyi religi Tombo Ati,.. apakan benar dia pernah ditawari untuk menjadi vokalis GrassRock

    ReplyDelete

Jangan Lupa Kasih Komentarnya!!!