01 February 2009

Siapa Dia??

Postingan pada Februari 2009 ini saya awali dengan hasil temuan saya setelah berkelana di dunia maya. Meskipun mungkin tidak sesuai dengan misi blog tercinta ini (minimal oleh saya sendiri), tapi lumayanlah sekedar nambah-nambah postingan.


Begitu lihat tampangnya yang cute saya jadi penasaran, siapa sih sebenernya Christina ini? Kok saya baru denger ada penyanyi tempo doeloe yang bernama Christina. Lalu saya coba bertanya pada ibu saya waktu beliau sedang nonton Cinta Fitri 3 "Ibu, apakah Ibu pernah mengenal penyanyi yang bernama Christina?"

Beliau menjawab dengan mantap,"Ya tahu dong, dia kan salah satu diva dangdut."

"Maksud saya bukan Christina dengan K, tapi dengan Ch. Itu lho penyanyi seangkatan Lilis Surjani (dan tentu saja saya memakai 'y' bukannya 'j')." saya mencoba menjelaskan sambil memperdengarkan lagu Bintang Tjitaku.

"Enggak tahu tuh." kata ibu sambil menggelengkan kepalanya (saya jadi curiga jangan-jangan ibu saya dulu gak gaul nih... hehehe).

Kalo baca ejaannya sih mungkin Christina eksis sekitar tahun 60an (mungkin juga deket-deket Peristiwa Pemberontakan G-30-S/PKI... hehehe). Konon Tante Christina ini terkenal bukan karena kualitas vocalnya, bukan juga karena teknik bernyanyinya dan bukan juga karena pembawaan lagunya. Tapi Christina terkenal karena gabungan dari ketiganya (ada ada aja promosi orang tempo doeloe).

Kualitas rekamannya juga masih purba banget, kelihatan kalo belum pernah didaur ulang. Tapi inilah harta karun yang menjadi sejarah perjalanan musik tanah air. Kalo penasaran download aja 4 lagu di bawah ini. Saya jamin anda pasti akan mesam mesem sendiri.

  1. Christina - Bintang Tjitaku
  2. Christina - Indahnja Panorama
  3. Christina - Dewi Purnama
  4. Christina - Hanja Bintang Bintang

2 comments:

  1. kalo urusan antik antik mah sok lah... Bos ! kyknya maksudnya bukan penyanyi dangdut, tapi penyayi pop melayu... kyk Anneke Gronloh gitu.. Bung Oma Irama aja dulu bukan penyanyi dangdut .. tp aga kemelayu-melayuan, coz pengaruh lagu2 dari tanah Andalas sana kali yaa ... Nah ! baru akhir 60's mulai ada istilah dangdut ... ( enya kitu..bae ahh da lain Bens Leo ... ) by. isw

    ReplyDelete
  2. sampeyan itu gimana to....wong ibu tidak tahu Christina kok dibilang ga gau.... lucu juga sih,
    wakakakakakakakakakk

    ReplyDelete

Jangan Lupa Kasih Komentarnya!!!