24 February 2009

SATU LAGI DARI BENNY

Grup band asal Bandung ini bisa dibilang nyeleneh pada masa kejayaannya di era 70an. Pasalnya Giant Step paling enggan (bahkan tidak pernah) membawakan lagu dari band-band luar negeri yang ngetop pada masa itu. Mereka bangga membawakan lagu-lagu mereka sendiri dimana grup-grup rock lain sering membawakan lagu-lagu dari The Beatles, Rolling Stones, Led Zepelin, Deep Purple, dll.

Setelah Shark Move bubar jalan, tahun 1975 Benny Soebardja bersama Albert Warnerin membentuk Giant Step (konon nama Giant Step diambil dari stiker yang menempel di gitar milik Remy Silado pada saat mereka akan manggung di ITB Bandung). Tahun itu pula Giant Step mengeluarkan album pertamanya yang bertitel Mark I. Formasi dalam album ini selain Benny dan Albert adalah Deedy Dores, Adhi Haryadi dan Janto Sudjono (sebelumnya formasi ini tercatat Jockie Suryoprayogo dan Deddy Stanzah juga pernah memperkuat Giant Step sebelum akhirnya Jockie diambil God Bless dan Deddy Stanzah membentuk Superkid bersama Jelly Tobing).

Seperti halnya grup-grup musik Indonesia pada umumnya, pengaruh musik grup-grup luar juga kental terasa walaupun (katanya) Giant Step lebih memiliki orisinalitas dalam bermusik dibanding grup-grup Indonesia lainya.
Album Giant On The Move yang akan saya sajikan untuk anda adalah album keduanya yang dirilis tahun 1976 dengan formasi Benny, Albert, Adhy, Triawan Munaf (menggantikan Deddy Dores) dan Haddy Arief (mengganti Janto). Album kedua ini lebih kental dengan nuansa prog rock nya dibanding album pertamanya.

GIANT STEP - GIANT ON THE MOVE (1976)
  1. Farewell Today
  2. Giant On The Move
  3. Liar
  4. A Fortunate Paradise
  5. Allusion Way
  6. Decisions
  7. Waste Time
  8. So Long
  9. Air Pollution

4 comments:

  1. Air Poolution saya punya lho!

    ReplyDelete
  2. Kalo boleh tolong di upload setelah berkoordinasi dengan "jadulman" dong biar lengkap dinikmatinya. Thank's a lot.


    Salam,
    Yuyun

    ReplyDelete
  3. keren bgd koleksinya...

    kalu bisa di tambah lagi koleksinya buat band2 yg ngepRog....hehehe

    ReplyDelete
  4. Giant Step "Kukuh Nan Teguh", dong. Abhama juga kalo ada.

    ReplyDelete

Jangan Lupa Kasih Komentarnya!!!